Jumat, 26 Juni 2015

Wala' dan Bara' dalam Islam

http://ifulan.blogspot.com
Segala puji bagi Allah , shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad  beserta keluarganya, sahabat dan orang-orang yang menempuh jalan dengan petunjuknya.  
Setelah cinta kepada Allah  dan Rasul-Nya , maka wajib bagi setiap muslim untuk mencintai para wali-wali Allah dan membenci musuh-musuh-Nya.  
Termasuk dari dasar-dasar aqidah Islam, bahwa setiap muslim yang beragama Islam lagi bertauhid wajib untuk:


  1. Berwala’ (sikap setia, loyal) terhadap orang-orang yang beraqidah Islam dan memusuhi orang-orang yang menentangnya.  
  2. Mencintai orang yang bertauhid yang mengikhlaskan ibadahnya untuk Allah.  
  3. Membenci orang-orang musyrik yang memusuhi akidah tersebut.  
Hal ini juga termasuk bagian dari millah (agama)  Nabi Ibrahim ‘alaihis salam dan orang-orang yang mengikutinya, yang kita diperintahkan untuk meneladani mereka. Demikian pula haram hukumnya menjadikan orang kafir secara umum sebagai pemimpin, Lebih tegas Allah mengharamkan orang mu’min menjadikan orang kafir sebagai pemimpin dan teman setia, sekalipun mereka adalah anggota keluarganya yang terdekat.
Tapi kebanyakan manusia tidak mengetahui pokok agama yang agung ini, hingga suatu ketika saya pernah mendengar ada orang yang mengaku sebagai ahli ilmu dan juru dakwah mengatakan dalam sebuah siaran berbahasa arab bahwa: orang-orang nasrani itu sesungguhnya adalah saudara-saudara kita. Subhanallah, alangkah bahayanya pernyataan ini. Sebagaimana Allah  telah mengharamkan wala’ terhadap kaum kafir, musuh-musuh aqidah Islam, sebaliknya Allah  mewajibkan berwala’ terhadap kaum muslimin dan mencintai mereka.
Oleh karena itu kaum muslimin sejak mereka diciptakan sampai akhir nanti, meskipun tanah airnya
berjauhan dan masanya tidak berdekatan, mereka adalah bersaudara dan saling mencintai. Orang-orang yang datang berikutnya meneladani orang-orang yang sebelum mereka, mereka saling mendo’akan dan saling memintakan ampunan antar sesama mereka. Wala’ dan bara’ itu memiliki fenomena yang nyata, yang menunjukkan keberadaannya.


SERVER ZIDDU



SERVER SHARE CASH

0 komentar :

Posting Komentar

 

Temui Saya di Facebook

Sponsor